Tipologi Manusia.

Tipologi adalah pengetahuan yang mencoba menggolong-golongkan manusia atas dasar kepribadian. Kepribadian seseorang tersusun atas dasar vitalitas jasmani dan rohaninya, disamping ada factor tempramen, karakter dan bakat. Vitalias jasmani bergantung pada konstruksi tubuh, sedangkan vitalitas psikis merupakan energy hidup yang belum terarah secara intensional, sebagian bergantung pada alam lingkungan yang membentuknya. Johan Gasper Lavater (1741-1801) seorang ahli dari jerman membedakan tipe manusia berdasarkan tubuh. Tubuh yang gemuk biasanya mempunyai tipe yang tenang dan sabar, sedangkan tubuh kecil dan panjang mempunyai tipe lincah dan kurang sabar.
pemikir Yunani kuno murid Hypocrates (ahli kedokteran) yang bernama Claudius Galenus mengadakan tipologi berdasarkan tempramen, yaitu cairan-cairan yang terdapat dalam tubuh. Berikut ini adalah tipe-tipe tersebut:

  1. Tipe Sanguinikus

Tipe ini merupakan orang-orang yang mempunyai darah/ sangai yang banyak dalam tubuhnya. Perasaan dasar tipe ini adalah riang dan optimis. Perasaan dasar tipe ini ialah percaya diri, tidak takut menghadapi masa depan, mudah menyesuaikan diri, gerak dan bicaranya banyak, mudah mengambil prakarsa. Sedangkan negatifnya adalah sifatnya mendatar, perasaan tidak stabil, kurang konsekuen, hidupnya kurang teratur, reaksinya tidak dipikir dalam-dalam. Yang cocok sebagai partner adalah tipe flegmatis.

  1. Tipe Melankolikus

Tipe ini memiliki banyak empedu hitam/melankhole dalam tubuhnya. Perasaan dasarnya sedih, sisi negatifnya selalu ketakutan, perasaannya mudah tersentuh, sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan dan sikapnya kurang bergairah. Segi positifnya adalah berhati-hati dalam tindakan, konsekuen, menepati janji, dan stabil jiwanya.

  1. Tipe Kholerikus

Orang dengan tipe ini dalam tubuhnya banyak terdapat empedu kuning/kholeri dengan perasaan dasarnya selalu merasa kurang puas. Segi negatifnya lebih banyak dari positifnya, antara lain selalu gelisah, lekas eksplosif, mudah emosional, ingin menang sendiri, objectivitasnya kurang, kurang rasional dll.

  1. Sedangkan tipe kepribadian yang ada dalam diri saya menurut tipologi Claudius Gallenus, yaitu:

Tipe Flegmatis  karena menurut  tingkah laku yang terdapat dalam diri saya, saya mempunyai tingkah laku yang mempunyai perasaan dasar tenang, netral, tidak ada warna perasaan yang jelas. Segi positifnya tidak mudah tegang, memiliki harapan-harapan yang besar dan hebat, tidak mudah terharu, tidak mudah panic, tertib, dan teratur. Segi negatifnya, perasaan tidak begitu peka, dingin hati, penyesuaian dengan lingkungan lambat, peranannya reaktif atau pasif, menjemukkan dan bersikap agak konservatif.