Image

Siapa yang tak kenal dengan google? saya rasa seluruh orang didunia ini tahu siapa dan apa itu google, mesin pencari dengan pengguna terbanyak didunia mengalahkan mesin pencari yang lainnya seperti bing, yahoo, ask, dsb. Google didirikan oleh 2 orang yaitu Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih berstatus mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Dan sekarang google telah menjadi sebuah perusahaan raksasa dengan lebih dari 20 ribu pegawainya diseluruh dunia dengan berbagai produk-produk andalannya seperti Google Map, Google Earth, Google Street View, Google Ad Sense, Google Mail (Gmail), Google+, dan yang saat ini masih dalam tahap pengembangan adalah tekhnologi mobil pintar karena mobil ini dapat berjalan sendiri tanpa dikemudikan oleh manusia dengan berbagai penggunaan sensor dan map yang telah tertanam didalam mobil tersebut.

Dan saya sebagai seorang mahasiswa jurusan sistem komputer Universitas Gunadarma, memilih google sebagai bahan analisa saya karena saya tertarik dengan mesin pencari ini. Karena, bagaimana bisa sebuah mesin pencari dapat menjadi besar seperti sekarang ini.

Disini saya akan menganalisa situs ini dengan beberapa faktor yang dapat menjadi acuan kenapa mesin pencari seperti google banyak digunakan oleh orang.

Pertama, untuk faktor psikologis:
Ketika pertama kali kita membuka situs ini yang muncul dalam benak kita adalah tampilannya begitu simple, enak dilihat, dan kecepatannya dalam membuka halaman yang hanya dalam hitungan milidetik. Dan ketika kita memasukkan keyword atau kata kunci kedalam kotak pencarian lalu kita tekan tombol search atau tombol enter, hasilnya sudah dapat kita peroleh hanya dalam hitungan milidetik, bahkan sebelum kita enter hasilnya sudah dapat diperoleh dengan melihat previewnya di hasil pencarian. (Memang kecepatan membuka halaman sebuah web tergantung pula apakah koneksi internetnya lambat atau cepat, tapi untuk zaman sekarang ini saya yakin untuk membuka situs tersebut dapat dimuat dalam hitungan milidetik). Selain itu ketika kita salah dalam menuliskan kata atau sebuah kalimat secara otomatis google menyarankan kita untuk menulis dengan ejaan yang benar, baik itu dalam bahasa indonesia ataupun bahasa asing lainnya.

Kedua, untuk faktor ergonomis:
Disini saya melihat bahwa google memberikan tampilan yang sangat mudah dimengerti bahkan oleh orang yang baru mengerti internet sekalipun, Dilihat dari gambar diatas, kita dapat melihat situs google terdiri dari sebuah lambang kebanggaan google yang terletak ditengah-tengah (yang pada hari-hari tertentu logo tersebut dapat berubah sesuai dengan maksud dan tujuannya, misalnya hari kemerdekaan suatu bangsa, tokoh dunia, atau hari keagamaan). Dan sebuah kotak pencarian dimana kita menuliskan kata kunci apa yang ingin dicari (terkadang ketika kita menuliskan sebuah kata kunci pencarian, didalam kotak tersebut muncul kata kunci yang sama seperti yang ingin kita cari). Pada bagian atas terdapat fasilitas-fasilitas google lainnya, seperti gambar, situs jejaring sosial google+, gmail, dokumen, kalender, dll.

Ketiga, untuk Artificial Intelligent atau kecerdasan buatan:
Untuk kecerdasan buatan, google memang sebuah mesin pencari yang sangat pintar karena hasil pencarian yang kita dapatkan sesuai dengan yang kita butuhkan, bahkan ketika kita arahkan kursor ke link-link yang tersedia pada hasil pencarian tersebut terdapat preview dari halaman web tersebut yang tujuannya tentu saja agar kita tidak perlu meng-klik situs tersebut, cukup dengan “mengintip” web tersebut dan apabila sesuai dengan yang kita butuhkan maka tinggal kita klik link tsb. Selain itu juga google dapat menterjemahkan sebuah halaman web dengan fasilitas google translate. Dan mesin pencari ini juga memberikan sara-saran dalam hal pencarian, seperti misalnya ketika kita ketikkan kata kunci pada kotak pencarian, jika ada kata kunci yang sama yang akan kita cari maka google akan menampilkan preview kata-kata yang tepat yang akan kita cari sebagai bahan pertimbangan ataupun memperkecil kesalahan kita dalam menuliskan ejaan atau kata-kata yang tepat.

Keempat, untuk tekhnik penulisan:
Dengan gaya penulisan yang sederhana, ukuran font yang digunakan 12 – 16 dan warna yang tidak terlalu mencolok sehingga tampilannya enak dilihat dan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang (karena bahasa dapat diganti sesuai dengan keinginan kita), saya yakin tidak ada yang tidak mengerti dengan mesin pencari ini.

Kelima, untuk multimedia:
Untuk multimedia, pada mesin pencari ini tidak terdapat multimedia baik berupa audio maupun video. Tetapi jika hasil pencarian terdapat video maka kita akan langsung dibawa ke tab baru dan membuka sebuah halaman web lain yang berisi video tersebut.

Keenam, untuk perangkat lunak:
Pada mesin pencari ini, sistem yang digunakan sangat mudah, kita hanya memasukkan kata kunci, menekan tombol enter, tidak perlu menunggu waktu yang lama maka hasilnya sudah dapat kita lihat. Secara tidak langsung mesin pencari  ini memberikan kemudahan dalam hal efisiensi waktu, tenaga dan efektifitas kebutuhan yang kita perlukan.

Melihat banyak kelebihan yang terdapat dalam mesin pencari google, tidak mengherankan bahwa mesin pencari ini lebih banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia. Karena tekhnologi yang semakin maju dan berkembang pesat membuat orang ingin mencari segala hal dengan cepat dan instant tidak perlu menunggu waktu lama. Tapi alangkah baiknya jika kita bijak dalam menyikapi perkembangan tekhnologi dengan hal-hal yang positif.