Sebenernya buat apa sih kuliah? buat gaya?  biar dibilang keren kalo “gw” anak kuliahan? atau buat menaikkan derajat seseorang agar diakui dimasyarakat? atau untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak suatu saat nanti?

Mungkin dalam pikiran sebagian orang denger anak kuliahan itu terkesan keren, entah darimana kerennya padahal dibalik kata keren itu sebenernya kuliah itu butuh perjuangan yang cukup keras untuk mendapatkan hasil yang baik -kalo ingin serius- atau hanya ingin main-main, itu sih balik lagi ke orangnya gimana jalaninnya. Tapi buat saya, kuliah itu adalah sebuah proses dalam hidup yang harus dinikmati sebagai perjalanan hidup.. hehehe. Soalnya saat kuliah bisa disebut sebagai proses pendewasaan diri dan belajar untuk mengerti tentang pola pikir kita, menilai sesuatu dengan sudut pandang yang luas, pergaulan yang lebih luas, dan mengenal lingkungan yang jauh lebih luas dibanding saat kita masih sekolah sd, smp, sma. Kuliah juga mengajarkan kita banyak hal, tentang arti sebuah kerjasama, keakraban, dan solidaritas (biasanya solid kalo ada ujian.. hehe).  Kadang kesel, jengkel sama teman itu sih hal biasa asal ngga dibawa dendam, kadang juga ada temen yang ngga sependapat dengan kita, beda pandangan, ya wajar-wajar aja, kita harus menerima perbedaan ya kan?

Tapi dibalik itu saya punya tujuan agar kuliah saya benar-benar bermanfaat dan dapat menghasilkan “sesuatu” seperti yang diharapkan orang tua saya. Dan saya punya obsesi yang kuat untuk itu.