Menulis itu gampang-gampang susah

Menulis itu gampang-gampang susah

Menulis itu susah karena itu adalah kegiatan mewujudkan isi pikiran kita melalui ribuan kata-kata yang telah lebih dulu diseleksi dalam daya imajinasi kita. Dia adalah perpaduan pengetahuan dan kreativitas, penyeimbangan otak kiri dan kanan. Dan, menulis adalah puncak kreativitas tertinggi yang melahirkan peradaban. -ika ningtyas

Buat sebagian orang menulis itu kegiatan yang sangat sulit untuk dilakukan,  orang lebih senang mengutarakannya lewat ucapan daripada  dalam bentuk sebuah tulisan. Karena  jika lewat ucapan kita dapat langsung mengutarakannya dengan jelas, berbeda halnya dalam bentuk tulisan dimana  kata, kalimat, dan paragraf yang semuanya harus direkam dan ditulis kedalam kertas yang dalam tulisan itu pemilihan kata yang tepat yang akan digunakan. Karena dalam membuat sebuah tulisan, pemilihan kata yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil tulisan selain  si pembaca dapat dengan mudah mengerti maksud dan tujuan yang ingin disampaikan oleh si penulis. Menulis juga membutuhkan inspirasi dan mood yang baik agar mendapatkan hasil tulisan yang berkualitas.

Seperti dikutip dari blog yang saya baca dan saya rangkum sendiri, berikut ini ada beberapa tips yang menarik agar kita dapat menulis dengan baik.

1. Banyaklah membaca entah lewat koran, buku atau media lainnya. Kenapa? karena dengan membaca kita akan mendapat wawasan yang lebih luas sehingga kita dapat menuangkan pengetahuan yang kita ketahui kedalam tulisan. Karena penulis yang baik pasti sering membaca. Luangkanlah waktu minimal 1-2 jam untuk membaca agar wawasan kita bertambah. Akan lebih baik lagi jika kebiasaan membaca sudah dilakukan sejak dini.

2. Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat dengan mudah dimengerti oleh si pembaca, oleh karena itu pemilihan kata yang tepat dapat memberikan pemahaman yang mudah dicerna oleh orang yang membacanya. Tidak mudah dalam memilih kata yang tepat oleh karenanya kita harus mengenal berbagai kosa kata kedalam perbendaharaan kita. Caranya ya dengan banyak membaca.

3. Gaya tulisan atau karakter dalam menulis. Setiap orang pasti punya karakter yang berbeda-beda begitu juga dengan menulis, setiap orang memiliki cara menulis yang berbeda-beda, ada yang menulis dengan gaya “berantakan”, ada yang dengan gaya menulis cerpen, ada yang menulis dengan gaya berita, dsb. Dan biasanya setiap penulis itu mempunyai ciri khas masing-masing entah itu dalam penggambarannya, narasinya maupun tulisan itu sendiri. Tapi yang pasti didalam menulis juga ada aturan-aturan yang berlaku, seperti untuk menulis berita, novel, cerpen, puisi, dsb.

Untuk mendapatkan tulisan yang baik pada intinya kita harus sering-sering membaca, karena ketika membaca sadar atau tidak sadar kita juga banyak menyerap kata-kata yang sebelumnya kita belum pernah dengar. Dan informasi yang dikandungnya dapat menambah wawasan kita.