Waktu menunjukkan pukul 2 siang ketika kami tiba di parkiran bawah, turun dari omprengan para wanita langsung sibuk berbelanja souvenir sedangkan para pria menuju mobil untuk isoma (istirahat, sholat, makan). Ditempat ini banyak para pedagang strawberry yang menjual strawberry baik yang ada di warung-warung ataupun yang menawarkan langsung ke pembeli. Harga untuk 1 kotak plastik ukuran besar berkisar 15 ribu dan ukuran yang kecil 5 ribu (kalau jago nawar bisa lebih murah lagi). Tapi bagi pembeli harus teliti karena para pedagang itu banyak yang melakukan kecurangan seperti meletakkan potongan kardus didalam kotak strawberry agar terlihat lebih banyak padahal isinya lebih sedikit. Dua dari tiga orang teman saya yang membeli strawberry itu juga tertipu karena penjualnya memberikan kotak dengan isi yang tidak sesuai seperti yang dicontohkan :'( .

DSC00167

Tadinya perjalanan ingin kami lanjutkan ke daerah Cihampelas, tepatnya ke daerah Ciwalk tapi karena jalan menuju Cihampelas macet akhirnya kami memutar arah untuk masuk ke gerbang Tol Kopo dan melanjutkan perjalanan pulang. Dalam perjalanan pulang kami sempat istirahat di km 97 di Tol Cipularang. Ditempat ini kami makan dan bersantai.

Rest Area KM.97

Rest Area KM.97

Km 97 merupakan tempat istirahat yang nyaman, ada taman di bagian belakangnya dengan beberapa patung hewan yang terbuat dari batu granit dan parkiran yang cukup luas (gratis pula :D). Banyak toko-toko retail yang berdiri di rest area ini diantaranya Solaria, Chicken Roaster, Factory Outlet dll.

Taman di Rest Area Km.97

Taman di Rest Area Km.97

Dan di rest area ini ada monumen bola granit raksasa yang berat keseluruhannya mencapai 15 ton dan bola raksasa ini dikelilingi beberapa patung anak kecil yang sedang memainkan berbagai macam alat musik seperti saxophone, gitar, biola, pan flute, rebana  dan ada sebuah patung anak kecil yang berbeda dari patung lainnya, patung ini adalah patung anak kecil yang sedang buang air kecil. Menurut wikipedia, patung anak kecil yang sedang kencing ini adalah replika patung asli Manneken Piss yang ada di kota Brussels, Belgia.

Monumen Bola Raksasa

Monumen Bola Raksasa. (Foto diambil dari Kaskus)

Manneken Pis, Ikon kota Brusel yang banyak dijadikan replika di berbagai belahan dunia.

Manneken Pis, Ikon kota Brussels yang banyak dijadikan replika di berbagai belahan dunia. (Foto diambil dari Kaskus)

Ada beberapa hal yang unik dengan mesjid yang ada di km 97 ini, pertama air keran untuk wudhunya sudah menggunakan sensor (padahal saya dulu menertawakan ide untuk membuat air wudhu otomatis untuk dijadikan judul PI. hahaha😀 soalnya prinsip kerjanya sama dengan air keran otomatis bedanya cuma di judulnya saja) dan yang kedua, barang-barang pengunjung yang tertinggal di dalam mesjid diletakkan di dalam etalase dan dipajang didekat tempat wudhu agar orang-orang dapat melihatnya. Saya melihat cukup banyak barang-barang yang tertinggal di dalam mesjid, mulai dari kacamata (ini yang paling banyak tertinggal karena paling mendominasi diantara barang yang tertinggal), selain itu ada jam tangan dan gelang.

Masjid Al Mi'raj KM 97 Cipularang

Masjid Al Mi’raj KM 97 Cipularang (Foto diambil dari google)

Sebelum waktu maghrib tiba, kami sudah melanjutkan perjalanan untuk pulang kerumah. Disepanjang perjalanan melewati tol sesekali ada kemacetan panjang yang disebabkan oleh truk-truk besar yang sedang parkir dibahu jalan, bahkan ada truk kontainer yang mengalami kecelakaan. Setelah keluar dari Tol Bekasi Barat, pertama kami menurunkan teman kami di pintu keluar Tol Bekasi Barat, selanjutnya menurunkan para wanita di gang kosannya dan langsung kerumahnya  Priyo untuk istirahat dan membersihkan mobilnya😀. Setelah itu ngobrol sebentar baru kami pulang kerumah masing-masing setelah pamitan dan berterima kasih😀.

Sekian perjalanan singkat kami selama liburan ke Bandung, menyenangkan dan membuat pikiran fresh sejenak karena di semester 6 kami akan disibukkan dengan tugas-tugas kampus, apalagi nanti membuat Penulisan Ilmiah. Mungkin setelah PI selesai kami akan mengadakan liburan lagi, yang pasti harus lebih seru dari ini. hehehe😀. Salam holiday!