Beberapa waktu yang lalu, tepatnya bulan Februari ada lowongan untuk menjadi aslab untuk lab lanjut di kalimas. Teman saya -Ilham- mengajak saya untuk ikut mendaftar sebagai aslab. Awalnya saya bimbang (bimbang karena untuk mengatur waktunya, mengingat disemester ini jadwal kuliahnya sangat padat) antara ikut daftar atau tidak, namun pada akhirnya saya mendaftar karena banyak juga dari kelas saya yang ikut mendaftar. Kami menunggu dihubungi oleh lab lanjut untuk kepastian kami dipanggil atau tidaknya. Untuk tahap pertama ini, semua yang mendaftar dihubungi dan diharuskan ke Depok untuk briefing + mengerjakan soal dan psikotest.

Hari pertama saya berangkat bersama 5 teman saya yang lain -priyo, aab, mita, dian, afrilla- dan berkumpul di parkiran kampus Kalimalang. Kami berangkat menggunakan mobilnya priyo dan melaju melewati jalanan yang padat disepanjang jalan Kalimalang lalu masuk Tol (lupa nama tolnya) dan keluar di gerbang Tol Lenteng Agung. Setelah sampai di kampus D Margonda, Depok kami menunggu sebentar baru kemudian kami masuk ke sebuah ruangan di D125 (ruangan ini digunakan untuk praktek lab lanjut juga), ada sekitar 20an orang lebih yang mendaftar menjadi aslab (belum termasuk shift pagi yang mencapai 50 orang). Dan diadakan briefing sebentar tentang tahap-tahap yang akan dilalui untuk menjadi aslab lanjut.

Tahap pertama: mengerjakan soal psikotest dan teori.
Tahap kedua: presentasi (ada 5 materi yang dipelajari, yaitu: FPGA, JKD, JKL, MCS dan Robotik) dan interview.
Tahap ketiga: interview dengan Pak Raden (kepala lab lanjut).

Saya dan semua teman saya mengikuti tahap pertama dengan lancar, setelah itu kamipun pulang dengan diiringi hujan yang cukup deras dan cukup membuat macet jalanan. Ketika kami sampai dikampus, hujan sudah reda dan akhirnya saya pulang. Dua hari kemudian semua teman saya dikabari lagi oleh lab kecuali afrilla -tidak lolos tahap selanjutnya-. Akhirnya kamipun berangkat dengan 7 orang di mobilnya priyo, tempatnya afrilla digantikan oleh glorynta. Jalan yang kami lalui sama seperti sebelumnya. Sampai di kampus Margonda, kami sempatkan untuk belajar sebentar. Di tahap yang kedua ini ujian pertama yaitu, presentasi. Setelah itu diteruskan dengan interview. Pada tahap presentasi, sebenarnya saya biasa saja tidak ada perasaan gugup apalagi grogi. Tapi karena saya kurang persiapan ketika ditanya saya sedikit banyak yang tidak mengerti.. hehehe. Saya cukup lama presentasi (hampir 30 menit), setelah itu interview (disini yang meng-interview ada 3 orang).

Singkat cerita setelah saya melalui dua tahap itu, untuk tahap yang ketiga saya tidak mendapat panggilan lagi dari lab. Saat saya tanyakan kepada Ilham kenapa saya tidak lolos ketahap tiga, dia bilang karena pada saat presentasi saya salah menjawab pertanyaan, dan ada beberapa materi yang kurang dalam penjelasan sehingga saya tidak lolos.